Sayuran yang Paling Menyehatkan untuk Kesehatan

Sayuran yang paling menyehatkan untuk kesehatan. Makan banyak sayuran adalah salah satu cara termudah bagi orang untuk meningkatkan kesehatan mereka. Beberapa orang mendapat manfaat lebih banyak dari sayuran tertentu daripada yang lain, tergantung pada diet mereka, kesehatan keseluruhan, dan kebutuhan nutrisi.

Sayuran yang menyehatkan

Sayuran yang menyehatkan

Dalam artikel ini, kami akan mencantumkan sayuran yang paling menyehatkan untuk kesehatan tubuh:

1. Bayam

Bayam kaya akan zat besi. Bayam adalah sayuran hijau berdaun. Ini juga merupakan sumber kalsium , vitamin, zat besi, dan antioksidan .Karena kandungan zat besi dan kalsiumnya, bayam adalah tambahan yang bagus untuk semua makanan bebas daging atau susu.

2. Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau yang sangat populer dengan beberapa manfaat kesehatan. Ini memberikan 7 kalori per cangkir daun mentah dan vitamin A, C, dan K yang baik, Kale dapat bermanfaat bagi orang dengan kolesterol tinggi .

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan yang dimiliki oleh keluarga yang sama dengan kol, kangkung, dan kembang kol. Ini semua adalah sayuran jenis silangan.

Makan banyak sayuran silangan dapat mengurangi risiko kanker, yang mungkin karena sayuran ini mengandung sulforaphane.

4. Kacang polong

Kacang polong adalah sayuran bertepung manis yang menghasilkan 134 kalori per cangkir yang dimasak.
Kacang polong dan kacang-kacangan lainnya mengandung serat, yang mendukung bakteri baik di usus untuk memastikan buang air besar secara teratur dan saluran pencernaan yang sehat.

5. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sayuran akar yang menghasilkan 103 kalori dan 0,17 gram lemak per kentang sedang, ketika dipanggang dengan kulitnya.

Ubi jalar dapat bermanfaat bagi penderita diabetes . Ini karena mereka rendah pada skala indeks glikemik dan tinggi serat, sehingga mereka dapat membantu mengatur gula darah.

Sayuran apa yang paling menyehatkan ?

6. Wortel

Setiap cangkir wortel cincang mengandung 52 kalori dan lebih dari empat kali asupan vitamin A yang direkomendasikan orang dewasa setiap hari dalam bentuk beta-karoten.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang sehat, dan mendapatkan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan. Nutrisi tertentu dalam wortel juga dapat memiliki sifat melawan kanker.

7. Tomat
Meskipun secara teknis tomat adalah buah sayur, kebanyakan orang memperlakukannya sebagai sayuran.
Tomat mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat berperan dalam pencegahan kanker.

8. Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan untuk memasak dan obat-obatan. Setiap siung bawang putih mengandung hanya 4 kalori dan rendah vitamin dan mineral.

Bawang putih adalah antibiotik alami . Senyawa dalam bawang putih, yang disebut diallyl sulfide, mungkin lebih efektif daripada dua antibiotik populer untuk memerangi bakteri Campylobacter.

9. Paprika

Paprika populer sebagai bahan mentah atau dimasak. Paprika manis biasanya tersedia dalam varietas merah, kuning, atau oranye. Cabai hijau mentah juga populer, tetapi rasanya kurang manis dari warna lainnya.

Antioksidan hadir dalam paprika termasuk capsanthin, quercetin, dan lutein (dalam varietas hijau), yang melindungi penglihatan.

10. Kembang kol

Serat makanan meningkatkan kesehatan jantung dan usus seseorang, mencegah masalah pencernaan dan mengurangi obesitas pada tubuh.

Kembang kol dan sayuran silangan lainnya mengandung antioksidan yang disebut indole-3-carbinol (I3C). I3C dapat mengurangi kanker payudara dan sistem reproduksi pada pria dan wanita.

Baca juga:Fakta Tentang Buah Jeruk

Sama seperti brokoli, kembang kol mengandung senyawa anti kanker potensial lainnya sulforaphane.

Nah itu dia sayuran sayuran yang paling menyehatkan untuk kesehatan tubuh