Manfaat Nutrisi pada Buah Jeruk

Manfaat Nutrisi pada Buah Jeruk . Buah jeruk telah lama dihargai sebagai bagian dari diet bergizi dan lezat. Rasa yang diberikan oleh jeruk adalah yang paling disukai di dunia, dan semakin jelas bahwa jeruk tidak hanya rasanya enak, tetapi juga baik untuk orang-orang.

Buah jeruk

Buah jeruk

Sudah diketahui bahwa produk jeruk dan jeruk kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan (polisakarida non-pati) yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal dan kesejahteraan gizi secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat nutrisi buah jeruk :

Karbohidrat

jeruk mengandung karbohidrat sederhana (gula) fruktosa, glukosa dan sukrosa, serta asam sitrat yang juga dapat menyediakan sejumlah kecil energi. Buah jeruk juga mengandung polisakarida non-pati (NSP), yang biasa dikenal sebagai serat makanan, yang merupakan karbohidrat kompleks dengan manfaat kesehatan yang penting. Jenis serat utama dalam jeruk adalah pektin

Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat), vitamin esensial yang larut dalam air, memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, komponen utama dari banyak jaringan ikat dalam tubuh. Sintesis kolagen yang adekuat sangat penting untuk ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah dan tulang yang kuat, dan untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Apa manfaat nutrisi yang terdapat pada buah jeruk ?

Folat

Folat adalah vitamin yang larut dalam air untuk produksi dan pertumbuhan sel baru. Ini membantu dalam produksi DNA dan asam ribonukleat (RNA) dan sel darah merah yang matang, yang pada akhirnya mencegah anemia.

Kalium

Kalium adalah mineral penting yang berfungsi menjaga keseimbangan air dan asam tubuh. Sebagai elektrolit yang penting, ia berperan dalam mentransmisikan impuls saraf ke otot, kontraksi otot, dan mempertahankan tekanan darah normal.

Fitokimia

Senyawa alami yang ditemukan pada tanaman ini memiliki efek fisiologis yang luas dan dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Berbagai dan jumlah phytochemical yang dikenal terus tumbuh, seperti halnya pemahaman tentang peran dan pentingnya mereka dalam makanan.

Faktor faktor yang mempengaruhi konsumsi jeruk

Dalam banyak populasi, bahkan di antara orang-orang yang tahu bahwa jeruk berkhasiat, konsumsi jeruk seringkali sangat rendah. Alasannya beragam, tetapi itu menunjukkan bahwa pengetahuan tentang manfaat gizi hanyalah salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi pilihan makanan.

Di antara faktor-faktor lain yang sangat mempengaruhi makanan yang dikonsumsi adalah: preferensi makanan individu dan pengalaman sebelumnya dengan makanan yang diberikan; nilai-nilai budaya, persepsi, sikap dan pengaruh masyarakat termasuk media dan iklan; dan, paling langsung, ketersediaan, rasa, dan harga bahan makanan.

Baca juga:Manfaat Buah Mangga dapat Mengobati Beberapa penyakit

Karena alasan ini, sulit untuk membawa perubahan perilaku yang meluas. Jelas, strategi lebih mungkin untuk memodifikasi perilaku dan meningkatkan kesehatan jika diarahkan pada pengaruh dan hambatan yang relevan . Beberapa hambatan untuk membeli dan mengkonsumsi jeruk adalah biaya tinggi, takut pestisida berbahaya dan pembusukan cepat.

Itulah beberapa manfaat nutrisi dari buah jeruk