Manfaat Nutrisi dan Kesehatan Buah Jeruk

Manfaat Nutrisi dan Kesehatan Buah Jeruk – Buah jeruk telah lama dihargai sebagai bagian dari diet bergizi dan lezat. Rasa yang diberikan oleh jeruk adalah yang paling disukai di dunia, dan semakin jelas bahwa jeruk tidak hanya rasanya enak, tetapi juga baik untuk orang-orang.

Buah Jeruk

Buah Jeruk

Menurut informasi terkini udah diketahui bahwa produk jeruk dan jeruk kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan (polisakarida non-pati) yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal dan kesejahteraan gizi secara keseluruhan. Namun, sekarang mulai dihargai bahwa ini dan senyawa non-nutrisi aktif biologis lainnya yang ditemukan dalam buah jeruk dan tanaman lain (fitokimia) juga dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit kronis.

LEBIH DARI VITAMIN C: KONTEN GIZI DAN FUNGSI CITRUS

Jeruk paling sering dianggap sebagai sumber vitamin C yang baik. Namun, seperti kebanyakan makanan lain, buah jeruk juga mengandung daftar nutrisi penting lainnya, termasuk karbohidrat glikemik dan non-glikemik (gula dan serat), kalium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B 6 , fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat dan berbagai phytochemical.

Selain itu, jeruk tidak mengandung lemak atau natrium dan, sebagai makanan nabati, tidak mengandung kolesterol. Nilai energi rata-rata jeruk segar juga rendah (lihat Tabel), yang dapat menjadi sangat penting bagi konsumen yang khawatir tentang menambah berat badan berlebih.

Karbohidrat
Nutrisi penghasil energi utama dalam jeruk adalah karbohidrat; jeruk mengandung karbohidrat sederhana (gula) fruktosa, glukosa dan sukrosa, serta asam sitrat yang juga dapat menyediakan sejumlah kecil energi. Buah jeruk juga mengandung polisakarida non-pati (NSP), yang biasa dikenal sebagai serat makanan, yang merupakan karbohidrat kompleks dengan manfaat kesehatan yang penting.

Bagaimana Cara Membuat Buah Jeruk Menjadi Obat?

Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat), vitamin esensial yang larut dalam air, memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, komponen utama dari banyak jaringan ikat dalam tubuh. Sintesis kolagen yang adekuat sangat penting untuk ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah. Dan tulang yang kuat, dan untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan. Melemahnya jaringan-jaringan ini adalah gejala defisiensi vitamin C.

POTENSI PENCEGAHAN CITRUS

Penyakit kardiovaskular
Sudah diterima dengan baik bahwa diet rendah lemak jenuh dan kolesterol serta kaya buah-buahan dan sayuran mengurangi risiko penyakit jantung. Studi epidemiologis juga menunjukkan hubungan yang signifikan antara asupan vitamin C dan perlindungan terhadap kematian kardiovaskular, tetapi mekanisme perlindungan yang tepat masih belum jelas.

Kanker
Setelah banyak penelitian tentang asupan buah dan sayuran dan perkembangan kanker, ada konsensus bahwa mengonsumsi makanan ini memiliki efek perlindungan (Block, Patterson dan Subat, 1992). Namun, kecil kemungkinan bahwa satu substansi antikarsinogenik bertanggung jawab atas manfaat tersebut. Ada dukungan ilmiah yang masuk akal untuk peran pelindung vitamin C dalam kanker.

Banyak penelitian pada hewan, kultur sel, dan manusia menyatakan bahwa ini memiliki efek positif. Namun, studi epidemiologis memberikan bukti yang baik bahwa efek perlindungan lebih erat terkait dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran daripada dengan tingkat vitamin C yang sangat besar yang sering digunakan dalam kultur sel dan studi hewan.

Katarak
Oksidasi lensa mata memainkan peran sentral dalam pembentukan katarak terkait usia. Peran antioksidan makanan, seperti vitamin C, dalam etiologi katarak telah menjadi fokus penelitian terbaru (Jacques et al., 1997). Risiko katarak yang lebih rendah telah ditunjukkan pada individu dengan konsentrasi darah tinggi atau asupan vitamin C dan karoten.

Baca juga : Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit

Nah itulah beberapa, Manfaat nutrisi dan kesehatan buah jeruk untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi tersebut dapat memberikan wawasan Anda.